Sejarah UPT. Perpustakaan

Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berdiri bersamaan dengan berdirinya IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi tahun 1963. Pada awalnya, koleksinya masih terbatas dan masih menempati salah satu ruang kuliah di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Pada tahun 1971, UPT. Perpustakaan telah menempati gedung seluas 340 M2. Organisasi dan manajemen penyelenggaraannya masih sangat sederhana. Sistem pengolahan bahan pustaka, bentuk layanan sirkulasi belum dilaksanakan secara profesional, dan belum menggunakan standar baku pengolahan koleksi seperti DDC, AACR, dan Subject Heading dan lainnya. Hal ini disebabkan terbatanya pendidikan pengelola perpustakaan yang kompeten di bidang ilmu perpustakaan.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemberdayaan terhadap perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi tidak dapat ditunda lagi, Maka, pada kampus 2 Simpang Sungai Duren dbangun gedung perpustakaan seluas 3700 M2 dan resmi beroperasi pada tahun akademik 2002 untuk seluruh civitas akademika IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Saat ini, UPT Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin jambi semakin mereformasi diri dengan peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, layanan terotomasi, alokasi anggaran termasuk sistem pengembangan koleksi.

Pimpinan UPT. Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi hingga hari ini yaitu Drs. Rafi’i Nazari 1982-1986; Drs. Hably A. Muhy 1986-1990; Drs. H.M. Yusuf 1990-1992; Drs. A. Gani, AM 1992-2002; Drs. Buchori Katutu, MM 2002-2007; Drs. Marsaid, MA 2007-2011; Dr. Saidah Ahmad, M.Pd 2011-2015; Dr. Raudhoh, S.Ag.,SS., M.Pd.I 2015-2017; Dr. Abdul Halim, S.Ag., M.A 2018-2019; Mohd. Isnaini, S.Pd.I., M.Hum 2020-sekarang.

Visi dan Misi UPT. Perpustakaan

“Perpustakaan sebagai Lokomotif Perubahan Sosial Unggul Nasional menuju Internasional dengan semangat Moderasi dan Entrepreneurship Islam”

Adapun Misi dari UPT. Perpustakaan adalah sebagai berikut:

  1. Mendukung percepatan peningkatan kuantitas dan kualitas akreditasi dan sertifikasi Institusi, Program Studi, dan Unit/Lembaga unggul meraih standar mutu internasional.
  2. Turut menciptakan kampus berwibawa, tertib, indah, bersih, sehat, disiplin, aman, nyaman, toleran, moderat, dan menjadi model ikutan masyarakat.
  3. Memberikan pelayanan prima bagi pemustaka dalam rangka meningkatkan kapsitas dosen dan calon alumni untuk berkompetisi di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.
  4. Mendukung dalam peningkatan kualitas manajemen tata kelola layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis teknologi informasi terkini demi kepuasan stakeholders.
  5. Mendukung peningkatan pendapatan BLU untuk menunjang kualitas dan kuantitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kesejahteraan civitas akademika.